TUNGGANGRI – Serangkaian acara penutupan KKN Desa Tunggangri berhasil diselenggarakan di Balai Desa Tunggangri pada Senin, 28 Februari 2022. Acara tersebut dihadiri oleh kepala desa tunggangri, ketua BUMDES Tunggangri, Ustadzah TPQ Thoriqussalam, Guru PIAUD, dosen pembimbing lapangan serta peserta KKN Desa Tunggangri sebanyak 35 mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Serentetan acara penutupan KKN di Desa Tunggangri dimulai pukul 09.00 dengan susunan acara sebagai berikut,  pembukaan acara oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia raya, pembacaan ayat al-quran, sambutan, pemotongan tumpeng, pelepasan ID Card peserta KKN, penyerahan vandal atau cinderamata dan diakhiri dengan doa.

Foto : Penyerahan vendel kepada kepala desa oleh dosen pembimbing lapangan (Dokumentasi pribadi)

Pada sambutannya, ketua pelaksana KKN Desa Tunggangri, Anggi Fajar Prasetya memaparkan poin penting kegiatan KKN yang dilaksanakan selama satu bulan. Selain itu ia menyampaikan ucapan terimakasih serta permohonan maaf kepada Ibu Kepala Desa beserta jajarannya. Kemudian dalam sambutannya, Bapak A Zahid S. Sos., M. Si. selaku dosen pembimbing lapangan juga menyampaikan rasa terimakasih kepada desa atas segala fasilitas yang telah diberikan serta kesediannya untuk menerima peserta KKN dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk melaksanakan kegiatan KKN di Desa Tunggangri. Menanggapi hal tersebut, Ibu Sri Lailatin selaku kepala Desa Tunggangri menerima segala permohonan maaf yang disampaikan kepada pihak desa.

Foto : Sambutan kepala desa (Dokumentasi pribadi)

Sehari sebelum acara penutupan, diadakan lomba GEMASS (Gema Anak Sholeh Sholehah) bersama dengan santriwan dan santriwati TPQ Thoriqussalam Tunggangri. Lomba yang ditawarkan meliputi 2 kategori perlombaan yaitu lomba formal dan lomba nonformal. Adapun lomba formal meliputi lomba baca al-Quran, lomba adzan serta lomba mewarnai kaligrafi. Sedangkan lomba nonformal meliputi lomba makan krupuk, lomba balap karung, lomba estafet karet gelang, dan juga lomba estafet tepung. Dalam acara tersebut antusiasme peserta lomba sangat besar, terbukti dengan banyaknya peseta yang mengikuti ajang perlombaan tersebut. Dalam acara tersebut juga diadakan tahlil, bersama para santriwan dan santriwati TPQ Thoriqussalam yang dipimpin oleh Ustadz Romelan. Baru setelah itu, di penghujung acara GEMASS dilakukan sesi penyerahan hadiah kepada pemenang dari ajang pertandingan yang telah dilombakan.

Foto : Persiapan lomba makan krupuk (Dokumentasi pribadi)

Foto : Acara tahlil di TPQ Thoriqussalam (Dokumentasi Pribadi)

Foto : Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba (Dokumentasi pribadi)

 

Alhamdulillah kegiatan KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung selama satu bulan berjalan dengan lancar tanpa ada suatu kendala apapun. Semoga sedikit ilmu yang kami salurkan dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi masyarakat Desa Tunggangri.

“Sego Liwet Uyah-Uyahan, Andum Slamet Salam Perpisahan” – Ibu Sri Lailatin (2022)

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?